4 Langkah Meraih Kebebasan Finansial dari Buku Rich Dad Poor Dad

Foto: Pexels

Kamu adalah orang yang baru saja menerima gaji pertamamu? Atau barangkali kamu juga sedang menyusun rencana agar bisa meraih kebebasan finansial? Ada beberapa hal yang dapat kamu mulai lakukan untuk belajar mengelolah keuangan, salah satunya dengan membaca Buku: Rich Dad Poor Dad. Berikut ini ada beberapa langkah yang dapat saya pahami agar bisa meraih kebebasan finansial. 

1.  Menjadi seorang Pegawai 

Kamu harus memulai langkah pertamamu dengan belajar pada orang yang lebih berpengalaman darimu. Kamu dapat mengamati bagaimana orang-orang disekelilingmu bekerja, dari sana kamu bisa mendapat pembelajaran. Belajarlah dari pengalaman terlebih dulu. Selain itu dengan menjadi seorang pegawai kamu bisa mendapatkan penghasilan utama dari pekerjaan itu.  

2. Pekerjaan Sampingan (Freelance)

Selanjutnya yang dapat kamu terapkan untuk meraih kebebasan finasial adalah dengan menciptakan lebih dari satu penghasilan. Sambil bekerja, kamu juga sebaiknya memulai mengasah skill yang kamu minati, dengan begitu kamu bisa menjadi seorang freelance diwaktu luang kamu. Selain waktunya yang fleksible kamu juga dapat membuat penghasilan yang lebih besar dan cepat. 

3. Mulai Membangun Bisnis

Setelah kamu punya menghasilan yang tetap ditambah lagi dengan penghasilan kamu sebagai freelance, perlahan-lahan penghasilan kamu mulai stabil. Maka saat itulah kamu mulai membangun bisnis, karena selain kamu akan mendapat banyak penghasilan tambahan lainnya, kamu juga bisa membuka lapangan pekerjaan untuk banyak orang. 

4. Investasi 

Setelah melakukan beberapa hal sebelumnya, mungkin saatnya kamu mulai melakukan investasi. Investasi dapat berupa emas, property, saham, dan masih banyak investasi lainnya. 

Mungkin banyak dari kamu atau saya sendiri pernah menjadi pegawai atau freelance kemudian mencoba melakukan investasi, padahal nyata penghasilan saya belum stabil, hal ini yang membuat saya gagal dalam berinvestasi. Kesalahan ini kemudian membuat saya belajar bahwa selain menjadi pengawai kantor saya juga harus belajar membangun skill saya yang lain agar dapat meraih kebebasan finansial. Kalau kamu sudah berada ditahap mana? 

Tidak ada komentar