5 Tips Tetap Percaya Diri dengan Kulit Sawo Matang

Foto: Pexels
                 

        Hidup disekitar orang-orang yang menganggap standar kecantikan, dimana perempuan harus berkulit putih agar bisa dikatakan cantik. Karena hal itu, terlahir dengan kulit berwarna coklat atau saat ini dikenal sebagai kulit sawo matang membuat saya merasa berbeda dengan standar kecantikan yang ada. 

            Insecure yang pernah saya rasakan seakan-akan membuat saya harus mengikuti standar yang ada. Ditambah lagi dengan aktifitas yang saya lakukan lebih banyak berada diluar ruangan, hal ini membuat kulit saya terlihat lebih kusam dan dekil. Berbagai hal pernah saya lakukan agar bisa mengubah warna kulit, mulai dari mencoba berbagai macam perawatan tradisional "yang katanya" bisa mencerahkan warna kulit hingga perawatan di klinik kecantikan. 

            Kunyit yang katanya bisa membuat kulit lebih cerah, pernah saya coba. Setiap minggu luluran dengan kunyit. Tapi hasilnya tetap nihil. Saya malah terlihat aneh.  Klinik kecantikan yang cukup terkenal, saya pernah rutin mengunjunginya, namun warna kulit saya kembali seperti semula setelah berhenti ke klinik. 

           Namun belakangan saya mulai memahami, kalau cantik itu relatif. Belajar untuk mencintai diri sendiri sepertinya jauh lebih penting. Beberapa hal yang sepertinya cukup sepele akhirnya membuat saya bisa menerima perbedaan itu.

1. Love Your Self!

First of all, belajar menerima diri sendiri. Yup, barangkali ini akan terdengar klise, namun kamu harus percaya ini. Belajar mendengarkan diri kamu sendiri, dari sana kamu akan mulai memahami kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Saya pernah membaca sebuah kalimat yang menurut saya cukup membantu untuk bisa bangkit. 
Perjalanan paling panjang, adalah perjalanan menemukan diri kamu sendiri. 

2. Berdamai dengan Masa Lalu

Siapa sih yang tidak akan kesal jika dibully? Namun jangan buru-buru rendah diri ketika kamu pernah mendengar cibiran hanya karena kulit kamu yang berbeda. Coba belajar untuk mendengarkan, saring semua perkataan orang-orang tersebut, dan mari lakukan perbaikan. Pelan-pelan hal ini akan membuat kamu sadar kalau kejadian buruk itulah yang membentuk kamu yang sekarang. 

3. Beauty is Not Always Your Appearance

Mencoba untuk melakukan hal baru yang menarik bakat dan potensi kamu. Menggalih bakat lain, akan membuat kamu menjadi menjadi lebih percaya diri. Ketika kamu percaya diri kamu akan lebih berani  menunjukkan dirimu sebenarnya tanpa takut untuk tampil berbeda. Hal inilah  yang membuat kamu semakin menghargai diri kamu. 

4. Love Your Skin

Belajar untuk mencintai kulit yang kamu punya, dengan begitu kamu akan mulai belajar merawat kulitmu. Seperti menggunakan body lotion dan sunscreen. Kebanyakan orang salah kaprah dalam pengunaan sunsreen. Mengganggap sunsreen dapar mengubah warna tone kulit menjadi lebih cerah, padahal sunscreen melindungi kuli dari paparan sinar UV. 

5. Berdamai dengan Sosial Media 

Sosial media sebagai part of life memegang peran penting dalam menciptakan apa yang menarik dimata masyarakat, hal inilah yang membuat standar yang tidak beraturan. Kesempurnaan yang kamu lihat disosial media tidak selalu real, maka dari itu belajar menerima dan mensyukuri apa yang kamu punya. Bangun standar kecantikan yang ingin kamu mau dan bagaimana kamu menjadi.

Saat ini saya melihat sudah banyak kampanye mengenai perempuan berkulit sawo matang disosial media. Kamu bisa mulai membangun percaya diri dengan menfollow public figure yang memiliki kulit sawo matang. Hal ini akan memjadi motivasi untuk kamu.

Itulah beberapa hal yang menurut saya yang perlu kamu lakukan untuk belajar lebih bisa menerima apa yang kamu miliki. Semoga dapat membantu kamu yang sedang berjuang menerima diri kamu. 


Tidak ada komentar