5 Langkah Diet Pemula yang Efektif Mengurangi Berat Badan

Hallo, saya akan membagikan pengalaman saya memutuskan untuk merubah pola makan atau yang dikenal dengan istilah diet. Diet yang lebih sering  kita kenal sebagai metode untuk mengurangi berat badan. Namun, faktanya setelah  membaca buku  I Hate Diet dari Yulia Baltschun, diet diartikan dengan mengatur pola makan yang dapat dilakukan secara rutin atau menjadi kebiasaan (lebih lengkapnya kamu dapat membaca bukunya).   

Sebenarnya saya telah berkeinginan berdiet sekitar 2 tahun yang lalu, sayangnya saat itu ilmu dan pemahaman saya mengenai diet masih sangat terbatas. Beberapa hal seperti tidak makan gorengan dan nasi putih pernah saya lakukan, namun tidak membawa hasil. 

Singkat cerita sekitar bulan Oktober 2022 saya membeli baju vintage. Sayangnya saat mengenakan baju ini saya merasa bagian dada dan perut terasa sesak hingga memutuskan untuk melakukan diet lagi. Ada beberapa langkah yang saya lakukan untuk memulai diet kembali. 

1. Membaca 

Kedengarannya sangat klasik, tapi hal ini sangat penting untuk menanamkan mindset diet sehat. Mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang diet. Hal yang bisa kamu lakukan untuk memahami dasar-dasar diet yang baik dan benar lebih tepatnya tidak terjerumus diet abal-abal atau iklan obat pelangsing yang menyesatkan. 

Selain itu kamu juga bisa mendapat informasi dengan menonton youtobe, salah satunya channel Yulia Baltscun. Informasi yang dijelaskan secara ilmiah, bahkan ada juga beberapa penjelasan mengenai mitos-mitos diet. 

2. Mengatur Pola Makan 

Kunci dari berhasilnya diet  bisa dilihat dari apa yang kamu masukkan dalam mulutmu. Makanan yang kita konsumsi memegang peran sebanyak 80% pembentuk tubuh.

Untuk melakukan penurunan berat badan didasari kalori defisit, yaitu energi yang masuk harus lebih sedikit daripada energi yang digunakan. Dalam melakukan kalori defisit penting bagi kamu untuk memperhatikan makro nutrisi yang kamu konsumsi juga. 

3. Perbanyak Minum Air Putih

Dalam buku Mukjizat Enzim disebutkan bahwa kunci hidup sehat dapat diperoleh dari makanan, air, olahraga dan istirahat yang cukup. Semua hal ini memiliki keterikatan satu sama lain. Air putih yang dapat menghidrasi tubuh juga dapat memperlancar pembuangan racun-racun dalam tubuh. 

Tips untuk tetap konsisten minum 2 liter air setiap hari yang saya lakukan adalah dengan membeli tumbler ukuran 2 liter, lalu sebelum tidur saya mengisi air  untuk saya minum keesokan harinya. 

4. Olahraga 

Olahraga dikenal sebagai metode yang digunakan untuk membuat diet menjadi lebih efektif. Selain membantu pembentukan tubuh, olahraga juga memiliki manfaat untuk kesehatan mental, untuk kamu yang sering mood swing olahraga sepertinya bisa membantu kamu. 

Olahraga yang saya lakukan di minggu pertama hanya berdurasi sekitar 15 menit, lalu seminggu selanjutnya menambah durasi olahraga menjadi 30 menit, begitu seterusnya. Olahraga tidak perlu berlebihan diawal agar tetap konsisten, lebih baik dilakukan bertahap.

5. Istirahat yang cukup 

Tidur yang cukup setidaknya 7-8 jam, hal ini disebabkan karena saat beraktifitas dan terbangun enzim menjadi terkuras. Namun ketika saat sedang tidur jumlah simpanan enzim menjadi terpulihkan kembali. 

Beberapa hal diatas telah saya terapkan dalam satu bulan terakhir ini, hasilnya cukup menakjubkan. Body fat  yang awalnya 32% sekarang menjadi 28.8%, cukup memuaskan untuk menghempas perut buncit  wkwk.

Diet yang juga saya terapkan ini 80% makanan sehat dan selebihnya saya tetap bisa memakan makanan kesukaan saya. Sebagian makanan saya hanya mengganti metode pengelohannya seperti menumis, memasak, dan mengurangi penggunaan minyak. Untuk makanan dan minuman manis saya tetap makan, hanya saja porsi makanan yang batasi, gorengan juga begitu. Jadi hal ini tetap membuat saya enjoy dalam melakukan diet menurunkan berat badan ini. 

Selain itu saya selalu memotivasi diri saya dengan mengupload makanan dan kegiatan olahraga yang saya lakukan di instagram. Hal ini saya lakukan untuk tetap termotivasi dan berbagi pengalaman bagi kamu yang juga sedang atau ingin menurunkan berat badan juga. 

Yuk, tulis pengalaman kamu sudah sejauh mana progresmu.

Sumber:
    Buku I Hate Diet by Yulia Baltschun
    Buku Mukjizat Enzim by Hiromi Shinya

Tidak ada komentar