Berat Badan Turun 4 Kg Berawal dari Menerapkan Atomic Habits

Hallo... 

Setelah sekian purnama, akhirnya saya kembali dengan pengalaman menurunkan berat badan. 

30 hari challenge diri  sendiri.

Berawal dari kegabutan yang akhirnya membuat saya bertekad untuk mengurangi gelembir di bagian tubuh saya seperti paha, lengan, dan tentu saja perut buncit wkwk. 

Sebenarnya menjalani pola hidup sehat bukan hal yang baru bagi saya, hanya saja saya mengalami kesulitan untuk terus konsisten. Hal inilah yang memunculkan ide saya setelah membaca buku berjudul "Atomic Habits" (Buku Atomic Habits). Buku ini mengajarkan saya untuk membangun sistem yang tepat melalui kebiasaan-kebiasaan kecil yang terus berulang. Sejauh ini saya telah konsisten selama 23 hari, hal ini juga berhasil membuat bobot saya turun sebanyak 4 kg.  Kamu bisa cek di highlight instagram saya, dimana  saya meng-upload olahraga dan pola makan yang saya lakukan selama satu bulan terakhir ini. 

Hal pertama yang saya lakukan dimulai dari minum jus wortel dan tomat selama tujuh hari berturut-turut. Kemudian menjadi sarapan sehat selama tujuh hari. 

Pada saat ini saya sedang belajar mengatur makanan harian saya selama 30 hari. Rasanya cukup menantang juga karena dibeberapa kesempatan saya masih sering makan makanan yang tinggi kalori, namun hal ini tidak menjadi masalah lagi. Setiap punya waktu yang sedang luang saya mencari informasi mengenai diet yang baik dan benar serta mencari ide menu diet hal ini saya lakukan  untuk terus memperbaiki makanan yang saya masukkan dalam badan saya.    

            


Selain menjaga pola makan, tentunya saya juga membiasakan diri untuk melakukan olahraga. Setiap minggu, setidaknya saya melakukan 3x workout dan 2x jogging. Awal belajar workout saat musim pandemi, saya pun menyadari tidak langsung bisa melakukan gerakan workout selama 30 menit, tapi perlahan dimulai dari perengangan selama 15 menit, kemudian workout selama 15-20 menit hingga akhir-akhir ini saya mampu untuk konsisten melakukan workout selama 30 menit. Selain itu menambahkan lari sebagai bagian olahraga mingguan saya yang ternyata membuat saya semakin produktif dalam menjalani hari. 

Manfaat yang saya dapatkan setelah menjalani program yang saya buat sendiri dari kebiasaan ini diantaranya: penyakit asam lambung saya sejauh ini tidak kambuh lagi, pencernaan saya menjadi lancar, mood saya menjadi terkontrol juga dan lagi saya bisa menemukan banyak hal yang tak terduga saat belajar mengalih informasi tentang diet yang benar. 

Mungkin cerita saya ini cukup sekian, apabila kamu butuh informasi tambahan kamu bisa komen dibawah atau langsung dm instagram saya supaya kita bisa sama-sama belajar mengenai diet dan pola kebiasaan. 

4 komentar

  1. Keren kak, saya juga sempat olga rutin sepulang kerja. Selama satu minggu saya merasa jadi lebih produktif, baca ini jadi pengen olga lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, semangat ya kak. Semoga bisa konsisten selama satu bulan supaya bisa jadi habits :)

      Hapus
  2. wah keren mbak semoga bisa konsisten terus ya, saya masih bolong-bolong nih jada pola makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin , semoga mba juga segera konsisten. Semangat mbak

      Hapus