The Go-To System to Plan Your Goals

Pernah gak sih kamu merasa stuck sama hidupmu sekarang? Atau sekedar merasa gagal atas sebuah pencapaian? 

Jika kamu merasakan hal yang sama, kamu tidak sendiri. Kita semua pernah berada difase ini, berusaha meraih sesuatu namun belum mampu meraihnya. Barangkali bukan tidak mampu hanya saja ada sistem yang sedikit keliru dalam menentukan tujuan. 

Setelah akhir-akhir ini mengurangi penggunaan sosial media seperti instagram dan tiktok, dengan mengalihkan fokus saya menonton youtobe mengenai self-improvement semua menjadi lebih baik.  Ada beberapa point penting akhirnya saya terapkan.

  • Setting goals 

Setting goals adalah suatu proses dalam menentukan tujuan dan proses apa saja yang dilakukan untuk mewujudkannya. Dengan adanya setting goals membuat kita lebih mudah melakukan evaluasi dan mengatur fokus terhadap tujuan. Ketika menyusun setting goals membantu kita menjadi lebih produktif dengan begitu akan membangun motivasi dalam meraih hal terbaik.

Hal sederhana yang berdampak besar dengan mengubah kebiasaan. Menurut buku Atomic Habits, untuk mencapai perubahan yang besar diperlukan perubahan dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang diulangi setiap hari. 
  • Habits Tracker 
Habits tracker adalah sarana yang didesain untuk membantu membangun dan mempertahankan kebiasaan positif. Dengan menggunakan ini kita menjadi lebih mudah dalam memantau rencana harian mingguan bahkan rencana jangka panjang. 

Contoh Habit Tracker 

Salah satu contoh habit track yang saya buat untuk membuat saya lebih konsisten dalam berolahraga. Langkah pertama dengan menentukan tujuan jangka panjang, rutin berolahraga minimal tiga kali seminggu. Kemudian untuk mencapai tujuan ini, saya memasukkan setidaknya melakukan olahraga minimal 30 menit di kegiatan harian saya. 







Tidak ada komentar